Kamis , April 9 2020
Home / Figuraku / “Mengembangkan Perasaan Bersyukur, Harapan dan Kepedulian”…..!

“Mengembangkan Perasaan Bersyukur, Harapan dan Kepedulian”…..!

Di Ulang Tahun Ke-10 Rumah Singgah Bunda Lenny.

Bekasi, AKUIAKU.Com — “EMPATI adalah sifat baik yang dapat membawa anak-anak tumbuh dan menjadi peduli pada orang lain”. Demikian kata Pendiri Rumah Singgah Bunda Lenny Humaniora Foundation, Eddie Karsito, saat syukuran memperingati Hari Ulang Tahun Ke-10 Lembaga Nirlaba ini, di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Empati adalah cara kita mengembangkan perasaan bersyukur, harapan dan juga kepedulian.

Hilangnya rasa empati, kata Eddie, dapat meredupkan pijaran cahaya altruisme. Jika hal ini dibiarkan, kita semakin tidak sensitif terhadap keresahan dan kesulitan yang dialami orang lain.

“Karena itu, ulang tahun ke-10 Rumah Singgah ini kita jadikan momentum kepedulian, khususnya kepada anak-anak. Semua yang kita tanam hari ini akan kita tuai esok hari. Dan anak-anak zaman “now” adalah anak-anak zaman “tomorrow”. Melalui kegiatan empati inilah salasatunya jiwa altruis itu kita tumbuhkan,” ujar penggiat Budaya ini.

“Altruis adalah sifat lebih memperhatikan dan mengutamakan kepentingan orang lain. Cinta kasih yang tak terbatas. Setiap individu,” kata Eddie, memiliki kewajiban moral untuk berhidmat bagi kepentingan orang lain. Menebar kebaikan untuk kemanusiaan yang lebih besar.

Nilai altruisme perlu menancap sedalam-dalamnya di dalam otak dan sanubari.

“Nilai tersebut tidak dapat datang dengan ucapan temporer. Ia memerlukan ratusan. Bahkan ribuan momen untuk bisa terpatri dI sanubari hingga mendarah daging,” kata Eddie.

Salasatu tugas Sosial yang harus dikerjakan, ujar Eddie, adalah membentuk dan merawat jiwa altruisme.

“Tanpa itu, kita tidak perlu kaget jika kelak menjadi yang dikorbankan oleh anak-anak yang tidak memiliki jiwa altruisme hari ini,” ujar pekerja sosial, yang pernah mendapat penghargaan “Anak Bangsa Berkepribadian Pembangunan 2013” dari Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (HKS).

About Aku

Check Also

Frieta’s Record Come Back, Usung Rapper Nigeria, Double GBedu…….!

Jakarta, AKUIAKU.Com — SETELAH cukup lama vakum Frieta Manajemen, kembali hadir meramaikan khazanah musik Indonesia. …

Tinggalkan Balasan