Minggu , Oktober 25 2020
Home / Figuraku / Erna dari Menari Sampai Menyanyi….!

Erna dari Menari Sampai Menyanyi….!

Bandung, AKUIAKU.Com — MENCINTAI budaya kemudian mengapresiasinya. Demikian apa yang selalu dijalani oleh Erna Hernawati atau yang lebih dikenal dengan Erna Wiguna.

Gadis kelahiran Kuningan, 30 Mei 1995 ini, tercatat sebagai Wanoja Budaya Jawa Barat 2017 dan dinobatkan sebagai Duta Kewirausahaan.

Bukan hanya itu, Erna Wiguna juga terlibat dalam berbagai event.  Misalnya saja menjadi Penari Jaipong dalam rangka Pertukaran Budaya Jawa Barat dan Bali di Universitas Udayana, Bali,  Voolunteer Bidang Proyek Sosial Mari Mengajar 5 di daerah 3T Banten dengan Forum Komunikasi Mahasiswa (FORKOMA) Universitas Indonesia asal Banten, Liaison Officer Cabang Olahraga Selam Kolam PON XIX JABAR 2016, Liaison Officer Speaker Kopdar Saudagar Nusantara 2017 (Ashraf Sinclair, Salman Subakat CMO Wardah, Teamlo dan Yadi Sembako) di Sentul International Convention Center, Liaison Officer Archery Sport Invitation Tournament Asian Games 2018, Juri Pasanggiri Mojang Jajaka Fakultas Syariah dan Hukum, UIN SGD Bandung dan Juri Lomba Solo Vocal acara WUKUF Nasional, UIN SGD Bandung.

“Saya menjalani hidup dengan tujuan dan cita-cita. Karena dengan perencanaan hidup kita menjadi terarah. Walaupun memang manusia hanya bisa berusaha dan Allah SWT yang menentukan. Tetapi setidaknya kita punya tujuan dalam hidup ini, sehingga kita akan berjuang menggapai mimpi kita,” tutur anak kedua dari empat bersaudara ini.

Erna juga menegaskan bahwa bisa dibilang cita-cita adalah, sebagai motivasi untuk terus melanjutkan hidup yang lebih baik.

“Saya berharap dapat menjadi seseorang yang menginspirasi dan menjadi  “role model” bagi keluarga,  teman dan lingkungan sekitar. Karena sejatinya manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Dan sebaik-baiknya manusia adalah ia yang dapat memberi manfaat untuk orang lain. How you are, that’s made by you. Seperti pepatah “Apa Yang Kita Tanam, Itulah Yang Kita Tuai”. Jika kita terus menanam kebaikan, maka esok hari pun kita akan menuai kebaikan pula,” jelasnya penuh semangat.

Jadi Erna pun ingin mengajak para generasi muda, untuk sama-sama memulai melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri dan lingkungan tentunya. Sekecil apupun kebaikan itu.

“Saat ini saya juga disibukkan dengan kegiatan Invitation Tournament Asian Games 2018 di Jakarta. Dan menjadi tim survey Jawa Barat, pada sebuah penelitian politik di sebuah lembaga survey. Berpartisipasi dalam beberapa kegiatan Wajada juga. Kemarin saya menjadi perwakilan dari Wajada pada kegiatan Simposium Nasional Kepariwisataan dalam rangka RAKERNAS  Ke-1 ADWINDO (Asosiasi Duta Wisata Indonesia) yang dilaksanakan pada 15/5/18 di Kantor Walikota Jakarta Selatan.” terang mahasiswa Agroteknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Pemilik dari motto hidup “Do The Best and You Wiill Get The Best Too”. Erna juga mengaku bahwa dirinya selalu terinspirasi oleh keluarga terutama ibu. Karena saat ia mulai merasa lelah dengan problematika kehidupan yang tiada habisnya. Saat ia merasa cemas dan tidak yakin dengan diri sendiri. Kehadiran ibulah yang memberikan semangat untuknya.

“Beliau adalah sosok yg paling kuat, tak mengenal lelah dan mau mengorbankan segalanya untuk anak-anaknya, berkorban materi, tenaga, bahkan di waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat. Beliau gunakan untuk mendoakan anak-anaknya. Tidak pernah sedikitpun menunjukan kesedihan didepan kami, dengan ketegarannya itulah saya pun tidak ingin mengecewakan beliau dan berusaha menyelesaikan permasalahan saya sendiri,” lanjut Erna.

Ibu adalah alasan Erna untuk tetap melangkah maju menyiapkan masa yang akan datang dengan sebaik-baiknya. Dan dia ingin memberi yang terbaik untuk ibunya.

“Mom, you are my everything. Love you,” imbuhnya.

Erna juga selalu  teringat perkataan kakaknya bahwa, “agar bola bisa melambung tinggi, dia harus diberi tekanan yang kuat”. Sebab itu bagi Erna tekanan dan ujian di dalam hidup adalah salasatu caranya untuk lebih maju lagi.

Lalu apa sebenarnya impian dari Erna….. ?

“Saya ingin menjadi Penyanyi, Dokter, Reporter, Pengusaha, Penulis, Guru. Banyak bukan…? Tapi intinya ingin memberi manfaat untuk banyak orang,” urainya.

Gadis yang hobi bernyanyi ini juga mengaku, bahwa menyanyi adalah salasatu caranya untuk mengekspresikan suasana hati.

Erna juga gemar Traveling, karena dalam setiap perjalanan pasti meninggalkan kenangan yang berbeda, bertemu orang baru, suasana tempat yang baru. Dan dia memang selalu suka dengan hal yang baru. Biasanya dia juga mencicipi kuliner khas daerahnya, karena disetiap masakan punya cita rasa yang berbeda juga. Dan cita rasa yang berbeda itu lah yang terkadang membuat ia ingin kembali ke daerah tersebut.

“Saya juga senang sekali mengabadikan moment alias foto, karena waktu takkan pernah kembali meskipun 1 detik. Maka hal tersebut perlu diabadikan. Juga hunting foto itu “mood booster”. Apalagi jika hasil fotonya memuaskan,” ucapnya.

Diakhir perbincangan, Erna juga mengulas bahwa ia sangat mengidolakan sosok presiden pertama RI yaitu Ir. Soekarno. Menurutnya beliau adalah sosok yang kharismatik, berwibawa, nasionalis, tegas dan berpikiran jauh ke depan. Memiliki pemikiran yang visioner dalam membangun bangsanya.

“Semoga saya bisa mencontoh beliau, saya sangat mengaguminya,” Erna menutup bincangnya siang itu. (Tiwi Kasavela)

About Aku

Check Also

Rumah Sakit Mata Achmad Wardi Serang Diresmikan…..!

Kota Serang, Banten, AKUIAKU.Com — RUMAH Sakit Mata Achmad Wardi telah dilengkapi dengan fasilitas Retina …

Tinggalkan Balasan