Monday , October 22 2018
Home / Ragam Beritaku / Purna Irawan Gigih Mengembangkan Potensi Diri…!

Purna Irawan Gigih Mengembangkan Potensi Diri…!

Bandung, AKUIAKU.Com — DARI raut wajahnya terlihat ramah, hangat dan penuh senyum. Ini semua terpancar dari gurat wajah Purna Irawan.
Saat di temui di salasatu kafe di Kota Bandung. Pria “kasep” kelahiran 11 September 1994 ini, tidak sungkan untuk berbagi cerita mengenai hobinya di bidang “Public Speaking”, menjadi MC di berbagai acara serta menjadi Presenter Berita di salasatu televisi.
“Mumpung masih muda, tidak ada salahnya mengoptimalkan potensi diri, minat dan bakat. Apalagi kalau hal tersebut bermanfaat. Mencoba hal-hal yang baru untuk menambah pengalaman hidup.” ucap Purna, sapaan akrabnya.
Salasatu hal yang menantang bagi Purna adalah saat menjadi Pembaca Berita, memakai bahasa Sunda dalam acara ‘Kalawarta” di Stasiun TVRI Bandung-Jawa Barat.
Karena menyajikan informasi dalam bahasa Sunda, tentu saja harus lebih berhati-hati dalam membacakan kata-katanya dan harus benar ketika mengucapkannya. Tentunya harus enak juga didengar, sehingga berita yang disampaikan bisa diserap oleh masyarakat yang menontonnya. Termasuk keterampilan dalam membawakan berita, tapi penampilan sebagai alat pendukung yang sangat penting juga.
“Saat ini tidak begitu banyak pemuda yang tertarik dengan budaya sendiri. Apalagi dengan perkembangan jaman. Warisan budaya termasuk bahasa kadangkala tenggelam, tergantikan dengan kultur yang lain. Saya cinta dengan bahasa Sunda. Dan sala satu aktualisasinya, saat saya bisa menjadi Presenter Berita Kalawarta di TVRI Bandung-Jawa barat,” tutur putra bungsu dari delapan bersaudara ini.
Berkenaan dengan awal mula hobinya di dunia “Public Speaking”. Purna Irawan bercerita, bahwa sejak kecil sudah sering melihat ayahnya menjadi MC di acara pernikahan. Sehingga setelah beranjak remaja, Purna memiliki kegemaran dan hobi yang sama dengan ayahnya itu.
Selain aktif terus mengembangkan bakat dalam diri, Purna juga sering mengikuti beberapa perlombaan dan sempat meraih Juara diantaranya sebagai Juara I Jajaka UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Juara II Lomba News Anchor Kompas TV Jakarta 2015, Juara II Lomba News Anchor Kompas TV Bogor 2015, Wakil I Jajaka Kabupaten Sukabumi 2015 dan masih banyak lagi Prestasi lainnya.
“Kedepannya saya ingin bisa menjadi “News Anchor” terkenal. Kemudian membangun Yayasan Pendidikkan dan Panti Asuhan Sosial. Tentunya karena saya, ingin hidup yang bermanfaat karena hidup hanya sekali saja. Sebab itu harus diupayakan sebaik mungkin. Ya…seburuk apapun masalah di hari kemarin, masih ada esok hari untuk memperbaki diri. Jadi harus tetap semangat hahaha….” tutur Purna Irawan sambil tertawa penuh dengan rasa optimis.
Berkenaan dengan budaya Sunda saat ini Purna Irawan berharap, bahwa akan ada lebih banyak pemuda yang melestarikan dan juga mencintai budaya serta bahasa Sunda. Selain itu tentunya mereka dapat terus berkarya di bidangnya masing-masing. (Tiwi Kasavela)

About Aku

Check Also

Ariel Noah, “Selamat Ulang Tahun Radio Dahlia Bandung…..!

Bandung, AKUIAKU.Com — HARI ini Minggu, (9/9/18), bertempat di Lapangan PPI/Pusenif Jl. Supratman no.60 Bandung. …

Leave a Reply