Saturday , August 18 2018
Home / Ragam Beritaku / Mempersiapkan Wartawan Profesional Sesuai Standar Kompetensi…!

Mempersiapkan Wartawan Profesional Sesuai Standar Kompetensi…!

Bandung, AKUIAKU.Com — BERTEMPAT di Regata Hotel Jl. Setiabudi 35 Bandung, Rabu (6/12/2017). Dan dihadiri oleh 130 wartawan/ti mengikutii acara “Sosialisasi dan Simulasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW)” yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pokja Kota Bandung.

Acara ini diikuti oleh para wartawan/ti dari media cetak, elektronik dan online. Dengan tema yaitu “Mempersiapkan Wartawan Profesional Sesuai Standar Kompetensi”. “Pesertanya yaitu para awak media yang tergabung dalam Pokja Wartawan liputan Kota Bandung, Wartawan Pokja Kejaksaan-Pengadilan-Kehakiman, Kepolisian dan lainnya,” jelas Ketua Pelaksana acara Rian Andrian.

Sementara itu Ketua PWI Pokja Kota Bandung Hardiansyah mengatakan. Profesi wartawan harus memenuhi dua persyaratan yaitu memahami dan memiliki kode etik serta mempunyai standar kompetensi kewartawanan melalui UKW.

Bahkan Hardiansyah yang akrab disapa Andi ini, menjelaskan juga bahwa UKW, adalah upaya sistematis dari PWI Pusat dan Dewan Pers. Supaya para wartawan dapat bekerja secara Profesional. “Jadi wartawan itu, memang diharuskan memiliki kompetensi, tentunya hal ini telah dicanangkan oleh PWI Pusat,” tandas Andi.

Meski diwajibkan, tetapi tidak bisa dipungkiri juga, masih banyak wartawan menghindari UKW ini. “Jadi UKW ini menjadi momok baru bagi wartawan. Bahwa keprofesionalan wartawan itu dirasakan cukup berat,” jelas sang Ketua PWI Pokja Kota Bandung ini.

Padahal sebetulnya UKW diselenggarakan untuk membuat wartawan itu, bisa bekerja secara Profesional dan terukur sehingga netral dalam pemberitaan.

“Tidak lupa ucapan terimakasih kami, kepada Pemkot Bandung dan para sponsor yang telah ikut berpartisifasi. Hingga terselenggaranya acara Sosialisasi dan Simulasi UKW 2017 ini. Pertama PT Kino Indonesia Tbk dengan minuman alami Cap Panda dan Larutan Cap Kaki Tiga dan PT OT dengan produk andalannya Tango, juga Smartfren,” kata Ketua Penyelenggara, Rian Andrian mengakhiri pembicaraannya dengan AKUIAKU.Com. (HKS)

About Aku

Check Also

Chick N Roll Luncurkan Aplikasi Layanan Konsumen….!

Jakarta, AKUIAKU.Com — DALAM rangka menjaring konsumen dari kalangan milenial, restoran cepat saji. Karya anak …

Leave a Reply