Senin , Januari 25 2021
Home / Info Utamaku / Mahasiswa Jurusan Karawitan ISBI Bandung KKN Daring Di Paguyuban Pamirig Tembang Sunda Dan Padepokan Silat Panglipur Bandung…….!

Mahasiswa Jurusan Karawitan ISBI Bandung KKN Daring Di Paguyuban Pamirig Tembang Sunda Dan Padepokan Silat Panglipur Bandung…….!

Bandung, AKUIAKU.Com — KULIAH Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang pelaksanaannya merupakan refleksi dari ketiga Dharma dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) pelaksanaanya dilakukan secara bersamaan.

LPPM Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, pada tahun ini termasuk yang melakukan KKN secara Virtual dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Seni Budaya di masa Pandemi Covid–19 Tahun 2020. Dengan pembagian jenis KKN dibagi menjadi : Tematik, Mandiri dan Kolaboratif.

Salasatu kelompok yang jadi mitra KKN ini adalah Komunitas Paguyuban Pamirig Tembang Sunda (PPTS) yang berada di Daerah Braga dan Padepokan Silat Panglipur di Nyengseret Kota Bandung.

Mohamad Rudiana atau dikenal Kang Ade Idea, salaseorang Dosen Pembimbing Lapangan menjejelaskan. Bahwa kegiatan ini merupakan sinergitas antara Institusi (Kampus), mahasiswa dan masyarakat umum.

Mahasiswa ISBI sebagai calon Intelektual dalam Bidang Seni dituntut untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh didalam kelas, kepada masyarakat diluar kelas. Dengan melakukan pembelajaran, sharing dan penyadapan.

Namun demikian karena pelaksanaanya dilakukan pada saat Pandemi Covid–19. Maka aktivitasnya dilakukan secara Daring atau Virtual.

Mahasiswa ISBI Bandung yang melakukan KKN di Braga ini terdiri dari : Fadila Nur Asyfah, Aldi Anandar, Mayasari dan Gerry Noor Falah yang semuanya merupakan Mahasiswa Jurusan Karawitan.

Lebih lanjut Kang Ade Rudiana menjelaskan, sebetulnya KKN ini dilakukan oleh Mahasiswa ISBI Bandung dari berbagai Jurusan dan Fakultas. Yang lokasi KKN nya tersebar di beberapa Daerah sesuai domisili para mahasiswa tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran Covid– 19. Jadi LPPM ISBI Bandung menginstruksikan lokasi KKN, dilakukan di tempat atau Daerah masing-masing.

Aktivitas yang dilakukan oleh Mahasiswa Jurusan Karawitan ISBI Bandung. Dilaksanakan di dua Komunitas ini adalah mengadakan pelatihan dan penyadapan yang direalisasikan dalam sebuah karya dengan judul “Kacapi Suling Silat Sistem”.

Perlu diketahi bahwa PPTS (Paguyuban Pamirig Tembang Sunda) merupakan Komunitas yang terdiri dari Seniman-Seniman Tembang Sunda. Sedangkan Padepokan Silat Panglipur, merupakan Perguruan Silat.

Karya Kacapi Suling Silat Sistem merupakan, pertunjukan Pencak Silat yang diiringi Kacapi Suling. Dengan pemain dari Komunitas PPTS dan Padepokan Silat Panglipur.

Tata Suryatna (Ketua PPTS) mengucapkan terima kasih kepada LPPM ISBI Bandung, Tata mengharapkan silaturahmi yang sudah terjalin antara PPTS Padepokan Silat Panglipur dan ISBI Bandung. Melalui kegiatan KKN ini tetap terjalin, dimasa yang akan datang kerjasama ini. dapat ditingkatkan dan dikembangkan lagi. Demikian disampaikan Tata waktu penyerahan Piagam dan Plakat dari LPPM ISBI Bandung pada tanggal 16 September 2020 di Rumah Seni Ropih Jl. Braga Bandung. (HKS).

About Aku

Check Also

Callista Arum Mengaku Bersyukur Bisa Syuting Bareng Dengan Artis Senior……!

Jakarta, AKUIAKU.Com — SEBAGAI bintang anyar di dunia akting, Callista Arum mengaku bersyukur bisa main …

Tinggalkan Balasan