Selasa , Januari 19 2021
Home / Figuraku / Gelar Kesenian Tradisional Pencak Silat Di Jampang Kulon…..!

Gelar Kesenian Tradisional Pencak Silat Di Jampang Kulon…..!

Kabupaten Sukabumi, AKUIAKU.Com – DALAM rangka Hari Kemerdekaan ke 75 tahun 2020 kali ini, terasa ada yang berbeda. Seperti yang terlihat Desa Padajaya, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

Untuk memeriahkan HUT RI itu, Desa Padajaya menggelar Seni Tradisional Pencak Silat dan kudalumping. Kegiatan, berlangsung di Balai Desa, Sabtu (29/8/2020).

Kegiatan yang dihadiri oleh masyarakat, unsur kepemudaan dan Tokoh Pejuang. Dengan menggunakan, namun tetap dengan standar Protokol Kesehatan untuk menghindari pademi Virus Covid-19, acara berjalan lancar.

Kepala Desa Padajaya Ade Hermawan mengatakan, hari Kemerdekaan yang ke 75 tahun suasana dan makna yang berbeda. Jika waktu dulu rakyat Indonesia berperang melawan penjajah yang memporak porandakan tatanan kehidupan bangsa. Sekarang ini rakyat dihadapkan dengan perang melawan pandemi Virus Covid-19 yang sampai kapan berahirnya.

Dikatakannya, Virus Covid-19 yang telah berdampak pada tatanan di aspek kehidupan. Karena, Merdeka dari pandemi Covid-19, berarti lepas dari kondisi keterpurukan menuju tatanan kehidupan yang normal.

“Refleksi Kemerdekaan tidak hanya mengenang jasa para pahlawan terdahulu. Tetapi menghargai juga pejuang pahlawan yang telah menjadi garda terdepan yang banyak gugur di medan parang proses pencegahan dan penyembuhan pasien Virus Corona,” katanya.

Dalam semangat kemerdekaan, dapat ditunjukan dalam tiga aspek. Pertama pola berpikir, masyarakat harus bisa merubah maindset dari masabodoh menjadi peduli lingkungan sekitar. Dari pemikiran konvensional menjadi terbuka menerima perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Kedua perubahan pola perilaku, masyarakat harus beradaptasi dengan tradisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), bisa dimulai dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Ketiga perubahan tingkat religius, masyarakat harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada allah SWT karena disaat pandemi ini pendekatan kepada allah merupakan cara yang lebih baik untuk menenangkan akal dan hati akibat pandemi Virus Corona ini,” ungkapnya. (A.Umin/FORMASNEWS.COM).

About Aku

Check Also

Uluran Tangan bank bjb, Bantu Korban Longsor Cimanggung, Sumedang…….!

Sumedang, AKUIAKU.Com – HUJAN deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang dan sekitarnya pada Sabtu …

Tinggalkan Balasan