Saturday , September 21 2019
Home / Ragam Beritaku / Belajar Bersama Maestro (BBM 2019) Bukan Berarti Harus Menjadi Seniman……!

Belajar Bersama Maestro (BBM 2019) Bukan Berarti Harus Menjadi Seniman……!

Bandung, AKUIAKU.Com — “PARA siswa peserta “Belajar Bersama Maestro 2019” ini, bukan berarti harus menjadi seniman. Tapi lebih fokus pada tumbuhnya karakter dan kreatifitas mereka, dengan cara mempelajari kehidupan keseharian Sang “Maestro” dalam proses kreatifnya,” kata Restu Gunawan, Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam pembukaan kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) 2019, di Jakarta (1/7/19).

Program BBM yang digelar Kemdikbud itu dimulai sejak 2015, diikuti oleh para siswa kelas X dan XI SMA/SMK dari 34 Provinsi di Indonesia.

Tahun 2019 ini, diikuti 300 siswa, hasil seleksi dari ribuan pendaftar. Mereka disebar ke 20 “Maestro”, 15 siswa di setiap “Maestro”, dari tanggal 1 hingga 14 Juli 2019.

Di Jawa Barat, para siswa “Nyantrik” di Iman Soleh (Seni Teater), Wangi Indriya (Seni Tari), Hanafi (Seni Rupa) dan Tisna Sanjaya (Seni Rupa).

Adapun “Maestro” lainnya di antaranya Didik Nini Thowok (Yogyakarta), Djaduk Ferianto (Yogyakarta), Ayu Laksmi (Bali), Purwacaraka (Jakarta), Addie MS (Jakarta), Ki Manteb Soedharsono (Jawa Tengah), serta Andi Bahar Merdu (Sulawesi Selatan).

Dalam “BBM 2019”, setidaknya para siswa paham terhadap proses kreatif dengan cara langsung “Nyantrik” di tempat para Sang “Maestro”. Selain itu, diharapkan lebih terbukanya wawasan para siswa terhadap Seni Budaya.

Tujuan “BBM” diantaranya menumbuhkan generasi penerus keberlangsungan bangsa yang memiliki Jatidiri, Integritas dan Toleransi. Dengan cara mempelajari proses kreatif kesenian. Selain kepada para “Maestro”, para siswa juga belajar pada lingkungan alam sekitarnya yang menjadi pendukung proses kreatif “Maestro”, ujar Restu Gunawan. (R.Agam).

About Aku

Check Also

Kiprah Lengger” dan “Jaran Bodhag” Diakui Sebagai Kesenian Asli Kota Probolinggo……!

Jakarta, AKUIAKU.Com — PEMERINTAH Kota Probolinggo mengisbatkan kesenian “Jaran Bodhag” dan Tarian “Kiprah Lengger”. Sebagai …

Leave a Reply