Jumat , Maret 29 2024
Home / Ragam Beritaku / Sekilas Humaniora Foundation……!

Sekilas Humaniora Foundation……!

Bekasi, AKUIAKU.Com — INI cerita “Humaniora Foundation” yang didirikan oleh Seniman, Budayawan dan Pekerja Sosial, Eddie Karsito, beserta para artis, seniman dan pemerhati sosial lainnya.

“Humaniora Foundation” adalah sebuah lembaga nirlaba dengan badan hukum Akte Notaris R. Sabar Partakoesoema, SH Nomor : 19 Tahun 1995. Bergerak dibidang Pelayanan Sosial, Pendidikan dan Kegiatan Budaya.

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal dan non-formal secara gratis, serta menyalurkan bantuan sosial dan santunan. Yayasan juga menyelenggarakan berbagai kajian Sosial Budaya, dalam bentuk Seminar, Workshop, Siskusi, Pelatihan Jurnalistik, Pelatihan Seni Peran, maupun Pendidikan Sinematografi.

Bekerjasama dengan RCTI dan institusi lainnya “Humaniora Foundation” menggelar ”Lomba Foto Masjid Waris Tamadun Islam” (1996), bekerjasama dengan Tabloid Hikmah memproduksi “Kuis Insan Cita TPI” (1995) dan “Kuis Ramadhan” SCTV (1996). Dengan Yayasan Ar-Rahmah menggelar “Tabligh Akbar” di Stadion Utama Senayan Jakarta (2001).

Tahun 2003 “Humaniora Foundation” ikut memprakarsai “Pameran Seni Rupa Film Indonesia” dalam rangka “Hari Film Nasional” bekerjasama dengan Komunitas Pecinta Film Indonesia, Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (BP2N) dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Tahun 2008 bekerjasama dengan PT. Cahaya Insan Suci menerbitkan buku “Menjadi Bintang–Kiat Sukses Jadi Artis Panggung, Film dan Televisi”.

“Humaniora Foundation” melahirkan banyak sineas yang kini menempati posisi penting di Industri Perfilman dan Pertelevisian di tanah air. Baik sebagai Aktor, Aktris, Penyanyi, Musisi, Penulis Skenario, Sutradara dan Praktisi Pertelevisian. Sebagian yang lain ada juga yang menjadi Wartawan Media Cetak, Radio dan Televisi, Pembawa Acara, Presenter dan Pembaca Berita Televisi (Penyiar).

Melalui aksi sosial “Misi Kemanusiaan Universal–Barang Bekas Menolong Sesama”. “Humaniora Foundation” secara rutin mengumpulkan sumbangan barang bekas dari Masyarakat dan Barang Milik Artis. Sumbangan tersebut langsung disumbangkan dan sebagian dijual. Dari hasil penjualan dananya juga disalurkan untuk diberikan kepada para Dhu’afa, Fakir Miskin, Anak Yatim, Piatu, Janda Lanjut Usia dan Pemulung.

“Humaniora Foundation” melalui “Sanggar Humaniora” membimbing ratusan siswa, pelajar mahasiswa, anak-anak dan remaja putus sekolah yang dididik informal melalui pendekatan Seni Peran dan budi pekerti secara gratis.

Melalui Rumah Singgah Bunda Lenny, “Humaniora Foundation” telah melakukan aksi sosial ratusan kali, baik peduli sosial, santunan Yatim dan Dhua’fa, membantu korban bencana banjir, tanah longsor, kebakaran, serta pelayanan pendidikan non-formal.

“Humaniora Foundation” membina ratusan Pemulung, Fakir Miskin, dan Anak Yatim, Non-Panti yang tersebar di dua Rumah Singgah, Bekasi (Jakarta) dan di Baleendah Bandung.

Sejumlah artis dan selebriti yang pernah membantu yayasan ini, antara lain Ageng Kiwi, Iwan Fals, Krisdayanti, Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier, Yuni Shara, Inul Daratista, Mayangsari, Nikita Willy, Anisa Bahar, Juwita Bahar, Tiara Bahar, Iis Dahlia, Ike Nurjanah, Misye Arsita (almarhumah), Pretty Asmara (almarhumah), Mella Yong (almarhumah), Meca Alba, Ratu Eva, Chan Kwie, Iqbal Perdana, Roman D. Man, Nini Karlina, Fitri Karlina, Della Puspita, Krisna Mukti, Ayu Azhari, Marshanda, Yati Surachman, Pong Hardjatmo, Ray Sahetapy, Alfian Kadang, Grup Vokal “LAKI”, Dina “Sabun Colek”, Suryandoro, Eny Sulistyowati, Gebby Pareira & Qonita, Ratu Bidadari, Ratna Listy, Panglima Langit, Gubernur Band, Pianis Dhikapatrick, artis dan manajemen Nagaswara, artis dan manajemen Positif Art dan para donatur lainnya. (EK).

About Aku

Check Also

Sosok Figur Deden R. Rumaji, Bisa Jadi Solusi Yang Dibutuhkan Kota Bandung

BANDUNG, AKUIAKU.COM — SEJUMLAH persoalan seperti tidak ada hentinya dan terus melanda Kota Bandung saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *