Selasa , Juli 16 2024
Home / Aktingku / Dina Subono Ungkapkan Cinta dan Penghargaan Lewat Sosok ‘Bapak’

Dina Subono Ungkapkan Cinta dan Penghargaan Lewat Sosok ‘Bapak’

JAKARTA, AKUIAKU.COM — GAGASAN tentang “Bapak” dalam Cerita Film Indonesia, tidak ada habisnya untuk digali. Entah berapa banyak judul film bertema “Bapak”, baik dalam Format Film Pendek maupun Film Industri dipresentasi. Sama halnya sosok Ibu, keberadaan seorang “Bapak”. Seperti tak pernah habis menjadi Inspirasi.

Satu lagi Cerita Film Pendek yang menyoal ‘Bapak’ sedang dalam tahap Produksi berjudul “Dear Bapak”. Penulis Cerita dan Sutradara Film tersebut adalah Dina Subono. Sineas yang juga Produser, Aktris Gilm dan seorang Disc Kockey (DJ).

“Tema film pendek “Dear Bapak” mengangkat bagaimana kasih sayang seorang Bapak kepada anaknya. Ada muatan nilai Sosial, Keluarga, Sosial Budaya, Pendidikan serta Sikap Moral,” ujar Dina Subono, kepada para Wartawan di Jakarta, Rabu, (26/06/2024).

Film bagi Dina, merupakan Karya Sastra dalam bentuk Visual. Lewat gambar Dina ingin menampilkan berbagai jalinan, unsur pengalaman yang menjadi daya gerak yang menghidupkan sisi manusiawi.

“Film ini lahir dari keberagaman Konflik kehidupan yang ada di masyarakat. Dilihat dari perspektif hubungan seorang Bapak dengan anaknya,” papar Sutradara yang sudah menggarap beberapa Judul Film Pendek ini.

Sebelumnya Dina Subono menyutradarai Film Pendek bertajuk “Tiga Mata”. Film Pendek ini masuk dalam jajaran The Top 60 Finalists Indonesian Short Film Festival (ISFF) SCTV 2016.

Selanjutnya, Dina Subono, adalahSutradara yang kini sedang menyelesaikan Program Studi S2. Jurusan Tata Kelola Seni di Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini. Pernah menyutradarai Film Pendek berjudul “Cintanya Cinta Raga”. Film tersebut merupakan nukilan Ke-Dua selepas suksesnya Film Pendek “Tiga Mata”. Sebagai Film Pendek Karya Pertama Dina Subono.

Dina Subono mengaku tetap fokus pada Karya Film Pendek yang menurutnya selalu menawarkan perspektif berbeda. Film Pendek menurutnya, mengandung persepsi subjektif. Bisa bersifat Paradoksal, Absurd, Politis, bahkan mengandung unsur Mistis.

Melalui film Pendek “Dear Bapak”, Dina Subono mencoba memotret dan menarasikan fenomena Sosial. Merespon dan mengolah realitas zaman yang abstrak. Mewujud dalam sebuah Karya yang dapat dilihat secara kasatmata.

“Semoga Film Pendek “Dear Bapak” ini. Bisa memberi manfaat dan menyadarkan kita untuk benar-benar melihat fenomena dan keberagamaan secara lebih arif dan bijak,” jelas Seniwati serba bisa yang juga Konsultan Hukum Lulusan S2 Magister Kenotariatan Universitas Pancasila Jakarta ini.

Film pendek “Dear Bapak” diproduksi oleh Anidkana Films. Penanganan Produksi dipercayakan kepada Ramacanaa sebagai Produser Eksekutif, Wisnu Heru Luhur dan Yunus Fiore selaku Produser. Director Of Photography dipercayakan kepada Iqbal, Soundman W Oedin Ichsan dan Behind the Scene Immanuel Ardika.

Ada tiga tokoh utama dalam Film Pendek ini, yaitu Pemeran Pak Suban, diperankan oleh Aktor Senior Alumni Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Dr. Sudibyo JS, S.Sn., M.Sn., yang saat ini juga menjadi Dosen di Almamaternya. Selanjutnya ada Erika yang berperan sebagai Cinta, anak Pak Suban, dan Jeki berperan sebagai Rama, pacar Cinta. (Sip).

About Aku

Check Also

Melalui Protech Entertainment, Zoe Jireh Melesat Lewat Singel Berjudul ‘Dola’

JAKARTA, AKUIAKU.COM — PENYANYI Pendatang Baru yang sedang naik daun, Zoe Jireh, telah menghadirkan Single …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *