Wednesday , November 14 2018
Home / Figuraku / Erna “Wanoja Budaya Jawa Barat 2017” Sangat Cinta Seni Budaya…..!

Erna “Wanoja Budaya Jawa Barat 2017” Sangat Cinta Seni Budaya…..!

Bandung, AKUIAKU.Com — MENCINTAI Seni dan Budaya, memang sangat dibutuhkan oleh semua pemuda-pemudi. Dan ini dibuktikan oleh Erna Wiguna Wanoja Budaya Jawa Barat 2017 yang merupakan Duta Kewirausahaan.

“Budaya merupakan identitas suatu bangsa, karena budaya terdiri dari banyak unsur yaitu agama, sistem politik, norma-norma kehidupan, adat istiadat, kesenian, bahasa dan lainnya. Maka dari itu nilai-nilai inilah yang seharusnya kita jaga sebagaimana para leluhur kita mewariskannya agar budaya yang kita miliki ini tidak punah,” ulasnya.

Indonesia, lanjut Erna adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budayanya. Hal ini juga menjadi daya tarik mata masyarakat dunia. Untuk datang ke Indonesia, selain karena beragam budaya Indonesia juga dikenal sangat unik.

Budaya adalah suatu kebanggaan yang sudah seharusnya dijaga dan lestarikan. Agar tidak hilang ataupun dicuri oleh negara lain. Maka dari itu sangat penting budaya untuk dilestarikan.

“Dalam melestarikan budaya, peran pemuda-pemudi sangatlah penting. Mengingat budaya adalah warisan yang dilakukan secara turun-temurun. Kita sebagai generasi muda sudah seharusnya ikut berperan aktif dalam pelestarian budaya ini. Agar budaya yang kita miliki sekarang ini tidak punah. Karena kitalah yang akan menjadi penentu, akan dibawa kemana kebudayaan yang kita miliki ini,” tandas gadis yang lahir di Kuningan, 30 Mei 1995.

Adapun hal yang perlu dilakukan sebagai generasi muda, untuk mempertahankan budaya ialah dengan mempelajari kebudayaan itu sendiri. Yang meliputi kesenian daerah, bahasa daerah, adat istiadat, seni tari, seni musik dan seni lainnya yang ada di daerah kita. Kemudian memperkenalkannya pada dunia luar. Pada zaman modern ini, kecanggihan teknologi. Bisa menjadi fasilitas dalam promosi kebudayaan yang ada di sekitar kita ini. Kuncinya adalah “learn and share it”.

“Dalam melestarikan budaya, kita juga bisa berusaha mengajak lainnya. Untuk andil dalam pusaran kebudayaan yang ada, baik sebagai penikmat maupun pelaku.

Semakin banyak orang mengenal dan menjadi pelaku budaya, semakin kuat pula tiang penyangga berdirinya budaya kokoh dan tegak,” sahutnya penuh semangat.

Adapun Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat  (WAJADA JABAR) yang merupakan Paguyuban Duta Budaya Provinsi Jawa Barat. Tentunya memiliki peran penting dalam pelestarian budaya, kita disini sebagai generasi muda yang cinta akan kebudayaan yang ada di Jawa Barat. Akan terus berusaha mempertahankan kebudayaan yang kita miliki. Lewat program-program kerja kedepannya seperti melaksanakan pagelaran, pasanggiri kebudayaan dan  rencananya kita akan melakukan kegiatan Saba Budaya yaitu mengunjungi wilayah-wilayah di Jawa Barat yang memiliki potensi budaya tetapi belum ter-Ekspose.

“Disinilah tugas kami untuk memperkenalkannya pada dunia luar. Akan kekayaan budaya yang kita miliki. Dengan harapan semakin banyak juga masyarakat, khususnya generasi muda yang memiliki rasa cinta akan kebudayaan dan mau melestarikannya,” tambahnya.

Erna sendiri tercatat sebagai Penari Jaipong dalam rangka Pertukaran Budaya Jawa Barat dan Bali di Universitas Udayana, Bali, Voolunteer Bidang Proyek Sosial Mari Mengajar 5 di daerah 3T Banten dengan Forum Komunikasi Mahasiswa (FORKOMA) Universitas Indonesia asal Banten, Liaison Officer Cabang Olahraga Selam Kolam PON XIX JABAR 2016, Liaison Officer Speaker Kopdar Saudagar Nusantara 2017 (Ashraf Sinclair, Salman Subakat CMO Wardah, Teamlo dan Yadi Sembako) di Sentul International Convention Center, Liaison Officer Archery Sport Invitation Tournament Asian Games 2018, Juri Pasanggiri Mojang Jajaka Fakultas Syariah dan Hukum, UIN SGD Bandung dan Juri Lomba Solo Vocal acara WUKUF Nasional, UIN SGD Bandung. (Tiwi Kasavela)

About Aku

Check Also

Saska Selalu Memanfaatkan Kesempatan…….!

Bandung, AKUIAKU.Com — NAMA lengkapnya Saskarani Nadhira, tetapi cukup disapa Saska saja. Gadis kelahiran Bandung, …

Leave a Reply