Selasa , Februari 27 2024
Home / Figuraku / Ishak Tirta Dari Barista, Menjadi Juri Indonesia Coffee Master

Ishak Tirta Dari Barista, Menjadi Juri Indonesia Coffee Master

BANDUNG, AKUIAKU.COM — BAGI para pecinta dan pemerhati kopi, pasti sudah tak asing lagi dengan kompetisi terbesar perkopian, Indonesia Coffee Master. Kompetisi ini rutin digelar setiap tahun.

Acara ini merupakan ajang kompetisi bagi para Pecinta Kopi Indonesia untuk menguji keahlian dan kompetensi mengolah dan Meracik Lopi.

Menjadi Peracik Kopi atau Barista, kini menjadi profesi yang dapat menghidupi seseorang. Salasatunya Ishak Tirta, yang mengawali karir sebagai Barista di salasatu Kedai Lopi di Kota Bandung. Profesi tersebut mulai ditekuninya pada tahun 2014.

‘Pada awalnya memang saya dulu bukan penggemar kopi, tapi semuanya dimulai di tahun 2014 saya jatuh cinta sama Dunia Perkopian, akhirnya menjadi ‘Peracik Kopi’. Walaupun pada awalnya memang karena dipaksa oleh beberapa teman-teman lah yang sudah masuk ke Dunia Industri Kopi,’ terang Ishak

‘Di samping memiliki latar belakang pendidikan di ekonomi perpajakan, saya mengasah ilmu dan kemampuan pada Dunia Perkopian. Yaitu dengan mengikuti Pelatihan-pelatihan Bersertifikat,’ lnjutnya.

Seiring berjalannya waktu serta berbagai ilmu dan kemampuan yang dimiliki, Ishak mengikuti seleksi sebagai juri Kompetisi Kopi Tingkat Nasional yaitu Indonesia Coffee Master.

‘Dulu pada tahun 2017 saya mengikuti seleksi untuk menjadi Juri Indonesia Coffee Master, tapi di tahun itu saya belum beruntung. Pasca pandemi kompetisi ini diadakan lagi saya ikut seleksi lagi dan Alhamdulillah di tahun 2023 ini saya mendapat kepercayaan menjadi Juri Indonesia Coffee Master 2023,’ ungkap Ishak

Selain menjadi Juri Indonesia Coffee Master, Ishak juga merupakan seorang Konsultan beberapa Coffee Shop di berbagai kota. Kini Ishak membuka pelatihan-pelatihan untuk para Barista di Kota Bandung.

‘Disamping menjadi konsultan Coffee Shop, saat ini saya juga membuka workshoTraining atau Workshop. Karena saya ingin membagikan ilmu Dunia Perkopian yang saya miliki, untuk info atau jadwal Workshop bisa dilihat di akun Instagram saya ishak_tirta,’ ungkapnya.

Ishak memberi pesan untuk seluruh pecinta kopi khususnya di Kota Bandung. Jika sudah memiliki kemampuan mengenai perkopian yang mumpuni, maka alangkah baiknya berani untuk mengikuti kompetisi dan menjadi Juri di tingkat yang lebih tinggi.

‘Jangan mau tertinggal dengan yang lain, Yakini dirimu bisa mengharumkan nama bangsa,’ ujar Ishak. (rer).

About Aku

Check Also

Dunia Perfilman Tidak Bisa Lepas Dari Ratna Riantiarno

JAKARTA, AKUIAKU.COM — RATNA Riantiarno tidak mengendur meskipun ditinggalkan suaminya, Nano Riantiarno. Tetap semangat dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *