Sabtu , Oktober 23 2021
Home / Figuraku / Indonesia Rumah Wayang Dunia

Indonesia Rumah Wayang Dunia

JAKARTA, GE — DI Acara yang sama, kepada wartawan Ketua Bidang Humas dan Kemitraan SENA WANGI, Eny Sulistyowati SPd, SE, MM, menyampaikan, bawah penyelenggaraan program Living ICH Forum for WPT in Indonesia pada tahun 2021, adalah rintisan awal menjadikan Indonesia ‘Rumah Wayang Dunia.’

‘Sejak tiga tahun lalu Indonesia telah melakukan berbagai langkah dan tahapan menjadi tuan rumah ‘Festival Wayang Dunia’. Namun karena pandemi Covid-19 acara tersebut mundur, hingga Insya Allah tahun ini dapat kita laksanakan bersamaan dengan peringatan HWN Ke-3,’ ujar Eny Sulistyowati.

Pihaknya, kata Eny, akan terus mengerahkan seluruh potensi. Memanfaatkan segala daya upaya, kekuatan Seni dan Budaya Indonesia khususnya Wayang Indonesia bagi terbangunnya fondasi kokoh arsitektur Indonesia sebagai ‘Rumah Wayang Dunia.’

Program Living ICH Forum for WPT in Indonesia, terang Eny, diselenggarakan dalam tiga format kegiatan yaitu ‘Atraksi, Diskusi dan Ekskursi’.

Materi ‘Atraksi’ diantaranya pergelaran wayang, baik klasik maupun kontemporer, serta Pergelaran Wayang Internasional yang diikuti peserta dalam negeri dan Manca Negara. Pergelaran ini akan disiarkan secara live streaming melalu channel Youtube SENA WANGI.

Acara berikutnya berupa diskusi melalui acara seminar berskala Internasional, dengan topik, antara lain (1) ‘Konektivitas Pemajuan Kebudayaan dengan Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, (2) Peran Wayang sebagai Sarana Pembangunan Karakter dan Jati Diri Bangsa, serta (3) Tantangan dan Peluang Pemajuan Seni dan Budaya Wayang di Masa Depan.

Narasumber berasal dari dalam dan luar negeri, antara lain dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut-Institut Seni Indonesia, Perwakilan UNESCO di Jakarta, anggota ASEAN Puppetry Association (APA), Singapura dan Belanda.

Selanjutnya acara ‘Talk Show’ dengan topik ‘Peran serta wayang Indonesia dalam Pemajuan Kebudayaan’, sebagai bagian integral pembangunan infrastruktur non-fisik Indonesia.

Pada bagian ‘Ekskursi’ Program Living ICH Forum for WPT in Indonesia, mempromosikan berbagai potensi budaya, termasuk keragaman budaya kuliner Nusantara. Eksibisi virtual industri kerajinan wayang dan produk turunannya, serta berbagai ragam produk kerajinan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

Ada juga pameran secara virtual tentang museum benda Seni dan Budaya maupun artefak budaya bernilai sejarah peradaban Nusantara. Ekspose capaian SENA WANGI dalam pemajuan Budaya Wayang Indonesia.

‘Kegiatan bersifat lintas sektor ini melibatkan peran serta dan berkolaborasi dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah terkait, Perguruan Tinggi, lembaga bisnis, serta komunitas Seni dan Budaya, khususnya Wayang,’ terang Eny.

Acara ini, kata Eny, diharapkan semakin memperkuat citra Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya tinggi. Sebagai bangsa di dunia yang selalu berkomitmen menjaga, melestarikan dan mengembangkan Budaya-nya. Terutama Budaya Adiluhung Wayang yang sudah diakui sebagai Budaya Dunia.

‘Kegiatan ‘Atraksi, Diskusi dan Ekskursi’ merupakan upaya promotif bernuansa Edutainment (Education-Entertainment). Dengan spirit Indonesia centris. Merayakan Hari Wayang Nasional Ke-3 untuk memperkokoh persatuan-kebangsaan Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika,’ papar Eny menutup pembicaraan. (***).

About Aku

Check Also

Syuting Mars Forum Batak Intelektual Didukung 5 Penyanyi Nagaswara

JAKARTA, AKUIAKU.Com — SATU lagi Organisasi Masa meramaikan keormasan di Indonesia. Kali ini yang hadir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *