Jumat , April 19 2024
Home / Figuraku / Lembaga Pendidikan, Bukan Hanya Mengajarkan Teori, Tapi Ajarkan Juga “Life Skill”…..!

Lembaga Pendidikan, Bukan Hanya Mengajarkan Teori, Tapi Ajarkan Juga “Life Skill”…..!

Tasikmalaya, AKUIAKU.Com — WAKIL Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, berharap Lembaga Pendidikan dapat melahirkan generasi penerus yang unggul. Yakni, pemuda yang punya jiwa kepemimpinan serta menguasai multidisiplin ilmu.

Demikian dikatakan Wagub Uu, saat Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ruang Kelas Baru SMK Al-Ruzhan, di kampus SMK Al-Ruzhan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (4/12/2020).

“Saya berharap Lembaga Pendidikan, bukan hanya mengajarkan teori tapi mengajarkan juga, konsep -konsep kehidupan (Life Skill) yang penting bagi siswa,” ujarnya.

Tidak boleh ketinggalan Wawasan Politik setidaknya juga harus diketahui millenial.

“Sehingga hadir generasi yang paham akan makna demokrasi. Intinya belajar harus Tekstual sekaligus Konstekstual,” tambahnya.

Panglima Santri juga menyebutkan empat syarat pemuda bisa berguna bagi bangsa dan negara di era Industri 4.0 dan pandemi COVID-19.

Syarat Pertama, kata Kang Uu, Generasi muda harus mengusai Teknologi Digital. Ke-Dua, Pemuda harus mampu berkomunikasi dengan masyarakat. Ke-Tiga, Mampu bekerjasama dengan siapa pun sebagai bagian dari cara untuk menjadi pribadi yang sukses.

“Adapun syarat Ke-Empat, Pemuda harus mampu mengikuti perubahan zaman,” kata Kang Uu.

Dari Ke-Empat syarat, tentu para generasi penerus harus dibimbing agar memiliki keimanan dan ketakwaan. Implementasi dari iman dam takwa adalah akhlaqul karimah, budi pekerti yang luhur dan mulia.

Tidak hanya itu, Pemuda saat ini sebagai calon pemimpin penerus estafet pembangunan harus menjaga persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan bangsa Indonesia akan bisa menjadi bangsa yang kuat.

Adapun Pemerintah Daerah Provinsi Jabar di bawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil dan Uu telah menggulirkan berbagai program unggulan. Program unggulan yang dimaksud adalah Jabar Future Leader, Jabar Innovation Fellowship, One Village One Company (OVOC), hingga Pendidikan Jabar Masagi.

Dengan hadirnya Generasi Unggul, Kang Uu berharap para pemuda di Jabar bisa menjadi mitra pemerintah untuk membangun provinsi dengan penduduk terbesar di Indonesia.

“Pemuda sebagai generasi penerus harus memiliki integritas, keberanian, dan kekuatan fisik yang hebat,” ujarnya. (Ris).

About Aku

Check Also

Pekerja Seni Indonesia Bersatu Demi Hak dan Kesejahteraan

CIBUBUR, AKUIAKU.COM — DALAM sebuah momentum bersejarah, sekitar 150 perwakilan Pekerja Seni dari berbagai latar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *