Jumat , April 19 2024
Home / Figuraku / ElKasih Band “Comeback” Gandeng Nagaswara Music…….!

ElKasih Band “Comeback” Gandeng Nagaswara Music…….!

Jakarta, AKUIAKU.Com — SEJAK masalah Royalti dengan label pertamanya tidak jelas juntrungannya, membuat band Elkasih berantakan. Seiring bubarnya band yang berjaya di tahun 2008 ini. Membuat nama besarnya meredup dan akhirnya berbagai persoalan menimpa Band yang beranggotakan El Ibnu (vokal), El Arif (drum), El Fajar (bas), El Ari (keyboard) dan El Binbin (gitar).

“Bayangkan kami bertahun-tahun tidak menikmati Royalti yang seharusnya menjadi hak kami. Ini yang membuat kami kecewa dan kemudian pilih vakum selama 10 Tahun,” ujar El Ari saat Virtual Press Conference di Kantor Nagaswara Musik Selasa, (10/11/2020).

Belum lagi masalah royalti kelar, masalah berikutnya yang tidak kalah pelik muncul. El Ibnu sang Vokalis yang sekaligus pencipta lagu-lagu El Kasih sakit stroke, lantaran sakitnya itu membuat El Ibnu mendekam di Panti sosial dan viral di media sosial. Hal itulah yang menyemangati para personil ElKasih untuk bersatu kembali.

“Keadaan El Ibnu yang menyemangati kami bersatu kembali,” tegas El Ari.

Setelah bersepakat kembali nge-diband, upaya pertama yang diperjuangkan Elkasih adalah memastikan langkah hukum atas 13 lagu yang mereka hasilkan di dua album. Meski tidak mudah, saat ini, 13 lagu itu mereka pastikan sudah kembali kepada Elkasih sebagai pemilik sah.

Elkasih selanjutnya menyerahkan hak atas Publishing (Publikasi) lagu-lagu tersebut di bawah bendera NAGASWARA Publisherindo Musik. Dengan demikian, pengelolaan atas lagu-lagu itu dan Royalti dapat secara jelas diberikan.

Tiga belas (13) lagu Elkasih yang berada di bawah NAGASWARA Publisherindo itu adalah :

Album ke-1, “Pesan Dari Surga”

1. “Kau Tigakan Cinta”
2. “Lelakimu”
3. “Aku Harus Pergi”
4. “Pergilah Cinta”
5. “Pesan Dari Surga”
6. “Sekali dan Terakhir”

Album ke-2, “Cinta Itu Ada”

1. “Mimpi 3 Malam”
2. “Dimana Kau Punya Hati”
3. “Tapi Kau Cintaku”
4. “Cinta Itu Ada”
5. “Cinta Gelap”
6. “PD (Please Deh)”
7. “Annisa”

“Akhirnya kami telah memerdekakan grup kami Elkasih yang sempat tersandera oleh pihak-pihak yang tidak mau menghargai karya-karya kami. Sekarang kami berlabuh di label yang kami bisa percaya dan bisa mengelola lagu-lagu kami dengan baik yaitu NAGASWARA Muasic and Publishing,” kata El Ari bangga

El Ari menambahkan, selama Elkasih Vakum, satu album mereka di label yang lama sama sekali tidak pernah mendapatkan Report dan Royalti. Padahal, ia dan teman-temannya tahu bahwa lagu-lagu mereka masih menghasilkan dari YouTube, iTunes, Joox dan lain-lain.

“Kami tidak pernah mendapatkan sepeser pun hak kami. Itulah permasalahannya selama 10 sampai 12 tahun. Baru sekarang kami dapat memerdekakan hak-hak kami yang sempat tersandera,” tambah Ari.

Lagu “Kau Tigakan Cinta” cukup Populer di kalangan anak muda Indonesia sehingga mengangkat nama Elkasih. Selain menduduki Puncak Tangga Lagu Populer di stasiun-stasiun radio tanah air dan televisi.Lagu tersebut juga sempat merajai perolehan download Ringback Tones (RBT).

Dengan label yang sama, Elkasih kembali merilis album kedua mereka, “Cinta Itu Ada”, di tahun 2010. Album ini berisi 7 (tujuh) buah lagu. Semua lagu dalam dua album Elkasih itu diciptakan oleh El Ibnu alias Noventino Budi Lesmana.

Di mata CEO NAGASWARA Rahayu Kertawiguna, kepercayaan yang diberikan oleh Elkasih untuk mengelola lagu-lagu mereka, patut diapresiasi.

“Saya apresiasi upaya dan perjuangan Elkasih untuk mendapatkan hak-hak atas lagu mereka. Tangan saya dan NAGASWARA selalu terbuka untuk sama-sama mengelola lagu-lagu tersebut. Silakan terus berkarya, Elkasih bersama NAGASWARA,” kata Rahayu Kertawiguna.

Momen Hari Pahlawan yang jatuh pada Selasa (10/11/2020) ini juga dimaknai Elkasih sebagai bagian dari semangat mereka. Untuk lepas dari penjajahan Hak Cipta. Hal yang sama dapat juga dialami oleh Grup Band atau Musisi lain.

“Semoga kedepannya, Elkasih dapat berkarya lebih baik lagi dan terus mensupport El Ibnu untuk biaya pengobatannya. Terimakasih untuk yang sudah mendukung kami hingga Elkasih bisa ke NAGASWARA,” pungkas El Ari. (Buyil).

About Aku

Check Also

Pekerja Seni Indonesia Bersatu Demi Hak dan Kesejahteraan

CIBUBUR, AKUIAKU.COM — DALAM sebuah momentum bersejarah, sekitar 150 perwakilan Pekerja Seni dari berbagai latar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *