Kamis , April 18 2024
Home / Figuraku / Melibatkan Artis Dan Tokoh, Generasi Lintas Budaya Gelar #BahanaKebangsaan…….!

Melibatkan Artis Dan Tokoh, Generasi Lintas Budaya Gelar #BahanaKebangsaan…….!

Bandung, AKUIAKU.Com — MESKI kondisi pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan, tapi bukan berarti masyarakat tidak bisa merayakan hari Kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Rasa Nasionalisme dan kecintaan pada tanah air perlu terus digaungkan. Salasatunya dengan menggelar kegiataan #BahanaKebangsaan,” ujar Ketua Panitia #Bahana Kebangsaan, Olivia Zalianty, kepada wartawan beberapa waktu lewat alat komunikasinya.

Pandemi Covid 19, kata Olivia, masih menghantui masyarakat Indonesia.

“Tapi bukan berarti, tidak bisa merayakan ulang tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Banyak cara agar perayaan 17 Agustus tetap dilaksanakan, tentu tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Olivia.

Generasi Lintas Budaya (GLB) didukung portal iNews.id menggelar gerakan #BahanaKebangsaan dalam rangka Kenduri Raya 75 Indonesia melalui aktualisasi virtualisasi sumber daya kreatif Seniman -Pekerja Seni anak bangsa.

#BahanaKebangsaan adalah sebuah ajakan viral dimana setiap warga negara Indonesia. Dapat berpartisipasi langsung dan serentak dalam sebuah Gerakan Nasional, menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam bentuk video.

Selain event tersebut, Generasi Lintas Budaya juga menggelar Kompetisi Bela Negara. Peserta diminta untuk memposting video di akun Instagram berdurasi satu menit. Video berisikan lomba 17-an versi peserta yang kreatif dan menarik di rumah masing-masing. Sebagai ajang kompetisi berhadiah total jutaan rupiah.

Peserta bisa memposting video ke akun instagram dengan syarat follow dan mention akun Instagram @generasilintasbudaya dan @inewsdotid. Sertakan juga dalam caption #BahanaBelanegara dan mention lima teman di Instagram. Sebanyak 10 video paling menarik akan mendapatkan hadiah @Rp.500.000,-.

“Bahana Kebangsaan kami gelar, sebagai cerminan jati diri Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika. Sekaligus untuk menggelorakan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia dengan semangat Nasionalisme,” kata Olivia.

Selain kompetisi video, #Bahana Kebangsaan juga menggelar Dialog Kebangsaan pada tanggal 17 Agustus 2020, pukul 10.30-12.30 WIB. Dialog Kebangsaan ini menghadirkan tokoh-tokoh nasional seperti, Jimly Asshiddiqie, Agung F Sampurna, Doni Monardo, dan Romo Muji Sutrisno SJ. Edy Utama, Radhar Panca Dahana, Aero Aswar Atlet Jetsky Nasional.

Di kesempatan itu para Seniman juga akan menujukkan kecintaan mereka kepada Indonesia. Melalui pembacaan Puisi oleh Happy Salma, Marcella Zalianty, Prilly Latuconsina dan juga oleh KH.Mustofa Bisri ( Gus Mus), yang akan disiarkan secara streaming pada akun YouTube iNews Portal.

Program Generasi Lintas Budaya ini merupakan kick of mengglorifikasikan #Bahana Kebangsaan, Belanegara Bersatu Bangsaku, ragam program pilihan literasi nilai-nilai kekayaan kearifan Indonesia. Serta berperan aktif bersinergi dengan seluruh Komunitas Budaya. (Eddie Karsito).

About Aku

Check Also

Pekerja Seni Indonesia Bersatu Demi Hak dan Kesejahteraan

CIBUBUR, AKUIAKU.COM — DALAM sebuah momentum bersejarah, sekitar 150 perwakilan Pekerja Seni dari berbagai latar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *