Kamis , Maret 28 2024
Home / Figuraku / bjb Rangkul Pengembang Properti Untuk Kerjasama Pendanaan Perumahan……!

bjb Rangkul Pengembang Properti Untuk Kerjasama Pendanaan Perumahan……!

Bandung, AKUIAKU.Com – SITUASI pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini mendatangkan tantangan yang sangat terasa bagi seluruh lini usaha. Tidak terkecuali Industri Properti tanah air yang harus mengalami penyusutan permintaan.

Berdasarkan survei Bank Indonesia (BI), tingkat Penjualan Properti Residensial mengalami penurunan cukup tajam pada sebesar -43,19% year on year (y-o-y) hingga Kuartal 1 2020.

Tantangan yang dihadapi para Pengusaha Sektor properti ini menjadi salasatu pembahasan yang dibedah dalam Webinar dengan tema “Menata Kembali Bisnis Properti Pasca Pandemi COVID-19″ yang diadakan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Jawa Barat pada hari Selasa, (11/08/2020).

Webinar tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) REI PaulusTotok Lusida, Ketua DPD REI Jabar Joko Suranto, Direktur Konsumer & Ritel bank bjb Suartini, Pemimpin Divisi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) bank bjb Yusuf Saadudin, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Jabar Herawanto, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Jabar Triana Gunawan, serta para anggota REI di seluruh Indonesia.
Direktur Konsumer & Ritel bank bjb Suartini mengatakan dampak dari tantangan akibat COVID-19 yang dihadapi sektor properti ini turut dirasakan bank bjb khususnya. Dalam hal penyaluran KPR, namun demikian bank bjb selalu melihat peluang untuk penyaluran Kredit Properti khususnya di Jawa Barat yang diharapkan akan segera menunjukkan tren positif seiring upaya stimulasi perekonomian lewat berbagai agenda pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Hampir semua lini industri mengalami tekanan dalam situasi pandemi yang luar biasa seperti sekarang ini. Namun demikian, upaya untuk melihat dan menggali peluang harus terus dilakukan terutam di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang memungkinkan kembalinya aktivitas ekonomi secara berkala,” kata Suartini.

Seiring dengan berangsur normalnya aktivitas perekonomian, hal tersebut akan ikut mempengaruhi penguatan daya beli masyarakat yang menurun selama pandemi.

Apalagi, pemerintah juga telah turun tangan memberikan beragam stimulasi untuk menggairahkan perekonomian. Karena itu optimisme kebangkitan usaha dengan sendirinya akan berembus, termasuk bagi Pengusah yang selama ini menerima permintaan properti hunian.

Untuk memperkuat pendanaan sebelum gelombang permintaan tiba, bank bjb mengimbau kepada pengembang-pengembang anggota REI yang belum bekerjasama dengan bank bjb. Khususnya perumahan bersubsidi, agar dapat memanfaatkan fasilitas perbankan yang dimiliki perseroan. Apalagi, bank bjb tengah serius menyalurkan pembiayaan memenuhi kebutuhan bjbKPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Apalagi, pada tahun 2020 bank bjb mendapatkan kuota FLPP yang naik hingga 300% dari tahun sebelumnya.

“Kami memiliki komitmen yang kuat untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan bagi perumahan rakyat ini. Kami juga berkomitmen kepada para anggota REI untuk memberikan pelayanan prima dalam penyaluran bjb KPR dengan catatan pengembang juga ikut memastikan persyaratan dan dokumen telah valid, seperti data KTP, NPWP, kemudian juga data-data yang harus diinput pada Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep),” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto, di tempat terpisah.

Undangan kerjasama ini diharapkan akan mendapat sambutan positif guna menyediakan memudahkan langkah masing-masing pihak dalam menyediakan perumahan yang layak bagi warga. Sinergi antar pelaku industri ini juga penting dilakukan untuk mempermudah langkah usaha terutama dalam menyambut peluang yang ada di depan mata. (***).

About Aku

Check Also

Sosok Figur Deden R. Rumaji, Bisa Jadi Solusi Yang Dibutuhkan Kota Bandung

BANDUNG, AKUIAKU.COM — SEJUMLAH persoalan seperti tidak ada hentinya dan terus melanda Kota Bandung saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *