Selasa , Maret 19 2024
Home / Figuraku / PWI Menilai DPD RI Sebagai Lembaga Parlemen Yang Layak Disuarakan Ke Masyarakat………!

PWI Menilai DPD RI Sebagai Lembaga Parlemen Yang Layak Disuarakan Ke Masyarakat………!

Jakarta, AKUIAKU.Com – DPD RI menerima audiensi dari Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Ruang Ketua DPD RI (23/6/2020).

Dalam pertemuan tersebut, PWI menilai DPD RI sebagai sebuah lembaga parlemen yang layak disuarakan ke masyarakat. DPD RI saat ini dinilai sebagai “Corong” aspirasi masyarakat yang terus berjuang untuk kepentingan Daerah.

“Kami berharap ada sinergi dan kerjasama antara DPD RI dengan PWI. Dengan jaringan Media di bawah PWI, program-program DPD RI dapat dipublikasikan secara serentak. Dengan misi DPD RI yang mencakup seluruh Daerah di Indonesia, kerjasama PWI dengan DPD RI akan sangat strategis,” ucap Ketua Umum PWI, Atal S. Depari.

Lanjutnya, DPD RI merupakan lembaga yang telah terbukti dalam menyuarakan aspirasi-aspirasi daerah ke pusat. Menurut Atal, banyak kinerja positif DPD RI yang harus diinformasikan kepada masyarakat secara luas. Bisa dari program kelembagaan ataupun program dari setiap Senator, Anggota DPD RI.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyambut baik wacana sinergi antara DPD RI dengan PWI. Menurutnya selama kepemimpinannya, DPD RI harus mampu menjadi lembaga yang dapat membawa aspirasi Daerah ke Pusat. Sehingga kepentingan-kepentingan Daerah dapat terwujud melalui DPD RI.

“Saya menyambut baik dengan rencana kerjasama ini. DPD RI sejak saya Pimpin. Saya punya prinsip, kita jangan bawa masalah Pusat ke Daerah. Saya minta setiap anggota DPD RI bawa masalah Daerah ke Pusat, untuk kita carikan jalan keluarnya. Ada beberapa aspirasi dan isu di Daerah telah berhasil kami temukan jalan keluarnya bersama Eksekutif,” ucap LaNyalla.

Senada, Wakil Ketua DPD RI, Sultan B. Najamudin, berpendapat DPD RI. Masih memiliki kewenangan yang terbatas dalam memperjuangkan kepentingan Daerah. Posisi DPD RI di dalam sistem bikameral masih belum kuat . Namun, posisi DPD RI saat ini semakin menguat, dimana dulunya hanya sekedar menyampaikan usulan Rancangan Undang-Undang (RUU). Saat ini DPD RI sudah mulai dilibatkan dalam pembahasan RUU.

DPD RI juga memiliki fungsi pengawasan yang menjadi kekuatan dalam kinerja DPD RI sebagai Wakil Daerah. Karena itu, DPD RI membutuhkan sinergitas untuk penguatan DPD RI sebagai lembaga Perwakilan Daerah.

“Meski secara kelembagaan belum sekuat DPR, tapi harapan Daerah untuk penyaluran aspirasinya yang formal jalurnya ya ke DPD RI. Pengaduan dari manapun kita selalu terima, tidak melihat dia dari mana. Kita membutuhkan sinergitas untuk penguatan melalui pembangunan Opini Publik. Kita perlu mengkomunikasikan kinerja DPD. Banyak kerja-kerja DPD dalam 6 bulan ini yang konkrit yang harus dikomunikasikan,” kata Sultan.

Dalam pertemuan ini Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari turut didampingi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Wakil Ketua Bidang Kerja Sama Antar Lembaga Abdul Aziz, Zulkifli Gani Ottoh Ketua Bidang Organisasi, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Nurjaman Mochtar, Wakil Sekjen Marthen Selamet Susanto, Dar Edy Yoga Wakil Bendahara Umum dan Humas Mercys Charles Loho. (Ris)

About Aku

Check Also

‘Umrah Untuk Sahabat’ Dan Untuk Berbagai Kebutuhan Sahabat, Adirain Aja !

BANDUNG, AKUIAKU.COM — SABTU, 9 Maret 2023 bertempat di Noah’s Barn Jl. Dayang Sumbi 2 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *