Senin , Desember 9 2019
Home / Serba Serbiku / Duta Seni Kota Blitar Kampanyekan Kedaulatan Budaya Melalui Kesenian Tradisi……..!

Duta Seni Kota Blitar Kampanyekan Kedaulatan Budaya Melalui Kesenian Tradisi……..!

Jakarta, AKUIAKU.Com — BANGSA Indonesia yang pluralistik merupakan kenyataan yang harus dilihat sebagai aset Nasional. Bhinneka Tunggal Ika, akan tetap menjadi manifesto masa depan bangsa. Dan menjadi modal kebangsaan yang kuat bagi bangsa Indonesia.

“Secara hakikat pertunjukan ini merefleksikan karakter kita dalam Kebhinnekaan. Dimana di dalamnya menggambarkan Demokrasi yang hidup. Perpaduan Seni Drama, Musik, Lagu dan Tari. Proses berkesenian yang mencerminkan kerjasama kolektif, dengan pimpinan seorang Penata Aeni,” papar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Blitar, Drs. Hermansyah Permadi, M.Si, saat hadir di acara “Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur” di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia (TMII) Jakarta, Minggu (10/11/19).

Penyelenggaraan “Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur” yang setiap minggu digelar di Anjungan Jawa Timur ini. Menampilkan duta seni dari Kota Blitar. Menampilkan Tari “Remo” sebagai Pergelaran Pembuka. Disusul kemudian Pementasan Drama Tari dengan lakon ”Prahara Kadipaten Blitar”.

“Penampilan Duta Seni Kota Blitar ini, membawa spirit persaudaraan. Membawa spirit ke-Indonesiaan, spirit Bhinneka Tunggal Ika. Dan semangat secara bersama-sama memajukan Budaya Daerah di tengah gempuran Budaya asing yang luar biasa,” lanjut Hermansyah.

Dengan menampilkan berbagai kesenian daerah, seperti Musik dan Lagu Campursari, Tari dan Kesenian Daerah lainnya. Menurut Hermansyah, kita sedang mengkampanyekan Kedaulatan Budaya di tengah bangsa kita sendiri.

“Inilah yang disebutkan Bung Karno dalam Trisakti, yang salasatunya adalah “Berkepribadian Dalam Budaya”. Budaya kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Budaya kita harus bisa merebut hati bangsa sendiri. Indonesia kaya Ragam Budaya yang harus terus digali dan dikembangkan. Sebagai pondasi pembangunan bangsa. Masyarakat Indonesia harus bangga dan cinta terhadap Budaya tanah airnya sendiri daripada Budaya bangsa asing,” ungkapnya. (Ramadhan Panjaitan)

About Aku

Check Also

Bermain Musik Merupakan Bagian Dari Pendidikan Karakter Peserta Didik….!

Bandung, AKUIAKU.Com — BERBAGAI upaya pihak sekolah terus memacu kreatifitas para peserta didiknya. Dan bermain …

Tinggalkan Balasan