Minggu , Desember 8 2019
Home / Serba Serbiku / “Festival Permainan Tradisional Dan Pertandingan Olahraga Tradisional” Tingkat Jawa Barat Tahun 2019……!

“Festival Permainan Tradisional Dan Pertandingan Olahraga Tradisional” Tingkat Jawa Barat Tahun 2019……!

Kabupaten Garut, AKUIAKU.Com — DENGAN adanya UU No.5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Terkesan idealis dan berat untuk dilaksanakan. Namun tidak demikian jika kita hadir pada Sabtu-Minggu, 28-29 September 2019 di Desa Wisata Saung Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan, Samarang, Kabupaten Garut.

Dengan tujuan Pemajuan Kebudayaan adalah untuk meningkatkan ketahanan Budaya dan Kontribusi Budaya Indonesia di tengah peradaban dunia. Sebagai jalan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Menjadi masyarakat berkepribadian dalam kebudayaan, berdikari secara ekonomi dan berdaulat secara politik. .

Pelaksanaan salasatu dari 10 Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yakni “Permainan dan Olahraga Tradisional” berlangsung meriah, penuh keceriaan, kegembiraan, kehangatan. Terjalinnya silaturahmi antar peserta yang datang, tidak saja dari Kabupaten Garut. Tetapi juga datang dari luar Kabupaten Garut. Diantaranya dari Kabupaten Karawang, Kabupaten Bogor, Kota Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan seharusnya dari Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Sukabumi juga hadir. Namun terkendala teknis menjelang keberangkatan, demikian mereka sampaikan melalui kontak HP (Hand Phone) kepada Ketua Panitia.

Sebagai sebuah kegiatan tingkat Jawa Barat, memang pelaksanaan sudah memenuhi syarat yakni dihadiri oleh Peserta dari 5 Kota/Kabupaten.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten serta dihadiri oleh Camat Samarang dan unsur Forkopinda Kecamatan, Samarang serta para undangan lainnya.

“Festival Permainan Tradisional Dan Pertandingan Olahraga Tradisional” Tingkat Jawa Barat Tahun  2019 ini. Diikuti oleh 11 (sebelas) Kontingen yang terdiri dari 8 Kontingan untuk “Pertandingan Olahraga Tradisional” Se-Tingkat SMP/MTs. Dan 3 Kontingen untuk Festival “Permainan Tradisional” Se-Tingkat SMA/SMK/MA.

Untuk para peserta dari luar Kab. Garut, difasilitasi untuk menginap di Home-Stay milik penduduk yang dikoordinasikan oleh Pengelola Desa Wisata Saung Ciburial.

Festival dan Pertandingan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini. Didukung oleh Fasilitasi Kerjasama Antar Instansi (FKAI). Sekretariat Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud RI.

Acara ini dilaksanakan oleh Sanggar Seni Budaya dan Lembaga Aktifitas Ekonomi Kreatif Garut Creative Board. Didukung oleh Pemprov Jabar, melalui Disparbud Prov.Jabar dan Dispora Prov. Jabar, serta Disparbud Kab.Garut serta Dispora Kab.Garut.

Dan dalam acara ini yang dipertandingkan ada 6 Cabang Olahraga Tradisional (OrTrad) dari 7 Cabang yang direncanakan. Namun karena salasatu Pertandingan, yakni Alung-Boyong hanya diikuti oleh 1 Kontingen, maka tidak dipertandingkan.

Petugas Lapangan (Juri dan Wasit) pada Pertandingan ini, bekerjasama dengan Prodi Penjas FPIK Universitas Garut.

Berikut hasil selengkapnya, akhir dari acara yang ditutup oleh Perwakilan dari Sekretariat Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud RI ini. Adalah :

  1. Juara Umum Pertama, mendapatkan Piala Bergilir Gubenur Jawa Barat dan Piala Tetapdalah Kontingen Kab. Karawang.
  2. Juara Umum Ke-Dua diraih Kontingen dari Kab.Tasikmalaya.
  3. Juara Umum Ke-Tiga diraih Kontingen Kota Bogor.

Sedangkan dalam kegiatan “Festival Permainan Tradisional”. Hasil ditentukan oleh Juri yang terdiri dari Iip Syarit Hidayana, S.Sn, M.Sn. Dari Prodi Antropoligi Fak. Budaya dan Media ISBI Bandung (Penilai Unsur Karawitan),  Nita Puspitadewi, S.Sn. Dari Perwakilan KOTI Pencab. Garut– Alumni Jur. Teater ISBI Bandung (Penilai Unsur Teater) dan Destri Srimulyani, S.Pd. Dari Komunitas Seni, Alumni Jur. Tari Fak. Sendratasik UPI Bandung (Penilai Unsur Tari).

Para Dewan Juri tersebut telah menentukan pemenangnya sebagai berikut :

Juara 1 SMAN 2 Kecamatan, Leles  Kabupaten Garut.

Juara 2  SMK Al-Amin Kecamatan, Samarang, Kabupaten, Garut

Serta Aktor Terpilih didapat oleh SMK Al-Amin Kecamatan Samarang.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan juga Lomba Foto (Lategori Hobby) dengan penilaian terbanyak mendapatkan LIKE yang di-Uploade pada Instagram dan Pemenangnya adalah :

Juara 1 Husna Syahrul Mubarok (husnasyhrl31) 74 like.

Juara 2 Indra Mardian Firdaus (indramf27) 67 like.

(Buce Wiriaatmadja)

About Aku

Check Also

Duta Seni Kota Blitar Kampanyekan Kedaulatan Budaya Melalui Kesenian Tradisi……..!

Jakarta, AKUIAKU.Com — BANGSA Indonesia yang pluralistik merupakan kenyataan yang harus dilihat sebagai aset Nasional. …

Tinggalkan Balasan