Jumat , April 19 2024
Home / Fesyenku / Kota Tua Jakarta Sebagai Ruang Edukasi Sejarah dan Budaya…..!

Kota Tua Jakarta Sebagai Ruang Edukasi Sejarah dan Budaya…..!

Jakarta, AKUIAKU.Com — AMBISI budaya global, kata Heru Mulyadi, sebaiknya tidak membiaskan nilai-nilai budaya lokal. Apalagi sampai memisahkan spirit generasi mudanya dari sejarah bangsa dan akar budayanya sendiri.

“Zaman ini ideologi dan warisan nilai kearifan hidup yang dianggap agung, sering dimaknai secara sinis sebagai narasi lama. Sementara budaya global bersifat instan lebih mendapat tempat di hati masyarakat,” ujar Seniman dan Budayawan, Heru Mulyadi, saat dijumpai para wartawan di acara “Pengembangan Destinasi Wisata Berdasarkan Karakteristik Kawasan Kota Tua Jakarta 2019” yang digelar di Museum Fatahillah, Jakarta Barat, Selasa (25/6/19).

Kearifan lokal, termasuk diantaranya yang bersifat akulturasi, lanjut Heru, perlu mendapat pemahaman yang utuh. Akulturasi salasatunya menjadi indikasi adanya saling menerima terhadap kebudayaan yang berbeda.

“Menjadi fondasi penting. Spirit, sikap dan pandangan hidup bersama. Akulturasi diantaranya menciptakan toleran dan sikap saling menghargai walau budayanya berbeda,” ujar Heru.

Budaya toleran, kata Heru lagi, diperlihatkan bagaimana tempo dulu, nenek moyang bangsa Indonesia dapat hidup berdampingan walau berbeda suku dan bangsanya. Ada Nusantara, India, China, Arab (Timur Tengah), dan bangsa lainnya.

“Bangsa-bangsa ini kemudian membentuk Budaya Baru, Budaya Indonesia yang kita terima hingga hari ini,” ujar Pendiri Bengkel kreatif “Gardu Seni” ini.

Acara “Pengembangan Destinasi Wisata Berdasarkan Karakteristik Kawasan Kota Tua Jakarta 2019”. Diselenggarakan oleh Unit Pengelola Kawasan Kota Tua Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, di Taman Museum Fatahillah. Menampilkan berbagai atraksi kesenian, seperti Musik Gambang Kromong, Tanjidor, dan kesenian Betawi lainnya.

Dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap Destinasi Wisata Kota Tua ini. Panitia juga menggelar Festival Teater dan Lomba Lukis Sketsa dengan tema sesuai karakteristik kawasan Kota Tua.

“Kegiatan ini diharapkan dapat semakin mendorong kreativitas anak-anak muda untuk mengerjakan, merasakan dan kembali mengalami “harta warisan” masa lampau. Khususnya di kawasan Kota Tua ini, seperti di Pecinan, Pekojan dan kawasan sekitarnya,” kata Heru.

Uniknya disepanjang pelaksanaan acara, seluruh elemen pendukung, dari mulai panitia penyelenggara, pengisi acara, pejabat terkait, hingga staf pelaksana, petugas keamanan dan petugas kebersihan. Semua mengenakan Kostum Tematik Budaya “Pecinan” dan “Pekojan”.

“Saya sebagai “Art Designer” mencoba mengaplikasikan nilai-nilai Budaya yang melekat pada kawasan ini. Khususnya Budaya “Pecinan” dan “Pekojan” melalui Peragaan Busana. Semua penyelenggara acara dan pengisi acara, termasuk pejabat terkait menggunakan Kostum Tionghoa (Pecinan) dan Kostum Arab Pakistan (Pekojan) selama pelaksanaan kegiatan. Akulturasi budaya ini secara harmonis sudah ada sejak dulu,” ujar Alumni Akademi Seni Drama & Film (Asdrafi) Yogyakarta, Jurusan Penyutradaraan tahun 1982 ini. (Ramadhan Panjaitan)

About Aku

Check Also

Asyiknya Para Komunitas Mobil Pabrikan Toyota, Hadir Di Acara Bertajuk ‘GR Zone Grassroot’

BANDUNG, AKUIAKU. COM — BAGI para Komunitas Mobil pabrikan Toyota seperti TACI, AXIC, Toyota Yaris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *