Monday , December 10 2018
Home / Info Utamaku / Pengumuman Nominasi Film dan Narafilm FFB 2018……..!

Pengumuman Nominasi Film dan Narafilm FFB 2018……..!

Bandung, AKUIAKU.Com — CATATAN Film Nasional 2017-2018. Sepanjang 2017-2018 (terhitung awal Agustus 2017,  akhir Agustus 2018). Para pengamat FFB mengamati sebanyak 137 judul film Nasional. Sebenarnya film yang beredar ada 145 film Nasional tetapi yang tidak tayang di bioskop Kota Bandung ada 8 film yaitu film “Turah”, “Molulo Kaili”, “Karena Aku Ingin Kembali”, “Syirik Movie”, “Air Mata Aisyah”, “Sunset di Pantai Losari”, “Anak Negeri Megalith” dan “Cinta Sama Dengan Cindolo Na Tape”.

Secara kuantitas tentu saja hal ini sangat meningkat dibanding tahun lalu (tahun pengamatan 2016-2017) yang “hanya” mencapai jumlah 114 judul film. Memang hal ini terjadi karena pelaksanaan Malam Puncak FFB 2018 mundur hingga bulan November nanti.

Dan Pengumuman Nominasi baru terlaksana sekarang. Berlangsung di Gedung Bandung Creative Hub, Jl. Laswi no.7 Bandung, Rabu (19/09/2018).

Namun hal tersebut tak menjadi sebab yang signifikan, mengingat mundurnya pelaksanaan FFB itu hanya sekitar 1 (satu) bulan (dan ini tak memengaruhi benar pada jumlah produksi!).

Jumlah film Nasional yang meningkat ini tentu saja sangat menggembirakan bagi kita, khususnya bagi para pecinta film Indonesia. Jumlah yang meningkat ini setidaknya dibarengi dengan beberapa film yang berkualitas. Bahkan beberapa diantaranya meraih jumlah penonton lebih dari 1 juta penonton. Sehingga film tersebut bertahan beberapa minggu di bioskop.

Namun, tentu saja hal ini tidak lantas membuat kita lupa, bahwa di tahun ini tema film horror masih tetap menjadi “buruan” para penonton kita. Sehingga jumlahnya tetap mendominasi peredaran film Nasional. Meskipun demikian, kita tetap berbangga, bahwa masih ada kepedulian dari produser dan para sineas untuk memproduksi film-film bergenre lain, seperti film anak-anak (yang beberapa waktu lalu seperti luput dari perhatian). Film remaja, komedi, laga, biopic, thriller, dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa di antaranya, termasuk film anak-anak, dinobatkan untuk meraih nominasi dalam FFB 2018 ini.

Catatan Serial TV dan Film Televisi 2017-2018 Serial TV dan Film Televisi dalam Pantauan Regu Pengamat FFB periode 2017 (awal Agustus) sampai dengan 2018 (akhir Agustus) banyak sekali genre yang ditayangan oleh beberapa stasiun televisi. Sehingga akhir Agustus yang diamati oleh para Regu Pengamat FFB adalah 67 Serial TV dan 365 Film Televisi (FTV). Dari sekian banyak stasiun televise di Indonesia untuk Serial TV dan FTV masih di dominasi oleh SCTV, ANTV, RCTI, MNCTV, TRANS TV, lainnya Trans 7, Net TV, Indosiar.

Catatan Film Impor Festival Film Bandung 2018. Pengamatan film impor untuk Festival Film Bandung ke-31 tahun 2018, periode 1 Agustus 2017 s/d 31 Agustus 2018, beredar di bioskop Bandung saja ada 213 judul. Untuk membaca lebih lanjut data judul-judulnya, pengelompokan genrenya, statistik sederhana mengenai pengamatan film di periode ini, silahkan buka tautan ini -> https://goo.gl/9Hv2G4.

Hanya di pengamatan film impor yang oleh penulis, diekspose jumlah total judulnya dan pengelompokan genre berikut statistiknya. Semua dilakukan karena kami ingin semua film impor diamati, dinilai dan diapresiasi tanpa ada yang terlewatkan. Dan pada tanggal 19 September 2018, dari 213 judul kami akan menominasikan 50 judul sebagai film Impor yang kami anggap baik dari berbagai macam atau sisi tertentu, 50 judul pilihan ini bukan berarti terbaik dari segala unsur film. Tetapi dianggap bisa memperkaya bangsa kita dengan pengetahuan, pikiran, wawasan dan kualitasnya. Film yang dipilih atau dinominasikan tidak diperlakukan seperti film-film Nasional. Film-film Masional dinilai berdasarkan unsur-unsurnya seperti penata musik, penata editing, penyutradaraan, pemeran-pemeran utama dan pembantu sampai film terpuji dan lain sebagainya tetapi film impor dinilai secara keseluruhan secara satu kesatuan utuh film dan diberi penghargaan “Terpuji” berdasarkan genre. Misalkan film animasi terpuji, film laga terpuji dan lain sebagaimya. 50 judul film yang dimaksud bisa dilihat di table di bawah ini :

BABY DRIVER, BLADE RUNNER 2049, IT horror, WIND RIVER, THOR RAGNAROK, PADDINGTON 2, MUMON: THE LAND OF STEALTH, Coco, Wonder, Sicario: Day of Soldado, darkest hour, The Killing of a Sacred Deer, black panther, The Shape Of Water, Ready Player One, A Quiet place, Lady Bird, AVENGERS: INFINITY WAR, DEADPOOL 2, Solo: a star wars story, Incredibles 2, hereditary, Mission: Impossible VI – FALLOUT, ferdinand, ONLY THE BRAVE, THE BATTLESHIP ISLAND, 6 DAYS, PADMAN, THE ZOOKEEPER’s WIFE, THE FOREIGNER, Breathe, the greatest showman, all the money in the world, Christopher Robin, Red Sparrow, THE POST thriller, MIDNIGHT SUN, ghost stories, sanju, LOVING VINCENT, ANNABELLE CREATION, starwars: the last jedi, Molly’s game, peter Rabbit, Golden Slumber, tully, Raazi, Searching, along with the gods: the two worlds, dan 1987: WHEN THE DAY COMES.

Dari film-film yang telah ditentukan diatas akan disortir kembali dan akan dipilih 12 (dua belas) film impor terpuji, yang akan kami umumkan pada puncak anugerah Festival Film Bandung bulan oktober 2018. (Red)

About Aku

Check Also

Peringatan HKN, Pemkot Bandung Berikan Penghargaan Instansi dan Lembaga Tegakkan Perda KTR

BANDUNG, AKUIAKU.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) serius menegakkan aturan Kawasan …

Leave a Reply